Pekan Gawai Dayak Ke XII Kabupaten Sekadau Resmi Dibuka

Pembukaan PGD di Kabupaten Sekadau. (foto:nv). 
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Bupati Sekadau, Aron membuka kegiatan Pekan Gawai Dayak Ke XII Kabupaten Sekadau, bertempat di Rumah Betang Youth Center Sekadau. Selasa (18/7/2023).

Ketua Panitia, Martinus Siden mengatakan, kegiatan Gawai Dayak Tahun 2023 merupakan sarana untuk mengembangkan seni dan budaya dayak di Kabupaten Sekadau.

"Seni dan budaya Dayak diharapkan dapat terus berkembang, selain itu kegiatan Gawai ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan usaha masyarakat," kata Martinus Siden.

"Pekan Gawai Dayak ini bertujuan untuk mempererat rasa persatuan Sub Suku Dayak dalam rangka keutuhan suku Dayak di Kabupaten Sekadau," tambahnya

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam mengucapkan selamat Gawai yang Ke XII kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau.

"Kita bersyukur karena pada hari ini kita bisa melaksanakan pembukaan Gawai, karena Gawai merupakan ucapan syukur kita atas hasil panen yang diberikan," ucapnya

"Mari  kita bersama-sama melaksanakan gawai dengan penuh sukacita karena tujuan Gawai sebagai ucapan syukur kita dan sebagai upaya mengangkat budaya-budaya kita," tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Sekadau, Aron mengatakan,
Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mengucapkan Terimakasih atas kerja keras panitia pelaksanaan serta semua pihak yang  telah menyukseskan Gawai Dayak XII.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sub suku dayak kerabat yang sudah melaksanakan ritual adat yang begitu bagus, begitu baik dan luar biasa,” ucap Aron.

"Saya berharap kegiatan Gawai Dayak terus dikembangkan dan dilestarikan agar budaya-budaya kita tidak hilang ditelan jaman," tutupnya. (nv).

Tinggalkan Komentar

Back Next