Deklarasi ODF Desa Cenayan

kegiatan Deklarasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan (ODF) di Desa Cenayan. (foto:ist). 
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Bupati Sekadau, Aron, menghadiri kegiatan Deklarasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan (ODF) di Desa Cenayan, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau.

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Pemerintah desa beserta seluruh masyarakat Desa Cenayan dan Pemerintah Kecamatan Nanga Mahap atas deklarasi Desa Cenayan sebagai Desa ODF.

"Semoga dengan deklarasi Desa Cenayan sebagai Desa ODF, dapat mendorong dan memotivasi desa-desa lain di Kecamatan Nanga Mahap yang belum ODF," kata Henry Alpius. Kamis, 13 Juli 2023.

Selain itu, Bupati Sekadau, Aron, menyatakan bahwa dalam penyelenggaraan pembangunan desa diharapkan dapat mewujudkan wawasan kesehatan pembangunan lingkungan, salah satunya dengan menyediakan desa sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

"Desa STBM dapat diwujudkan melalui deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan," kata Aron.

Aron juga menyebutkan bahwa dengan ODF, dapat mengurangi kejadian penyakit berbasis lingkungan seperti diare, tifus, kecacingan, dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut dapat menjadi penyebab stunting pada bayi dan balita.

"Saya berharap Desa ODF Cenayan dapat menjadi Desa ODF Kecamatan, dan semoga momen ini dapat mendorong desa-desa lain yang belum ODF," tambahnya. (nv).

Tinggalkan Komentar

Back Next