Pembukaan Gawai Dayak Banyur

Pembukaan Pekan Gawai Dayak Banyur. (foto:ist). 
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Camat Belitang, Hermansyah membuka kegiatan pekan gawai Dayak Banyur Setalon ke XXII  tahun 2023 ini.

Pada kesempatan tersebut, Camat Belitang, Hermansyah mengatakan Gawai Dayak merupakan perayaan tahunan yang dilakukan masyarakat adat Dayak Banyur Setalon Sp 1 Desa Belitang Dua.

"Menurut kepercayaan masyarakat setempat, gawai Dayak dilaksanakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas  panen yang melimpah dan mengharapkan panen tahun berikutnya juga diberikan rezeki yang melimpah," kata Hermansyah. Jum'at (26/5/2023). 

Hermansyah juga mengatakan dalam kegiatan gawai Dayak juga ada ritual pemandian patung burung kenyalang dipintu gerbang SP 1 Desa Belitang Dua.

"Pemandian patung burung kenyalang juga dipercaya masyarakat setempat untuk menjaga wilayah kampung dari segala maha bahaya dan berharap kepada Tuhan yang Maha Esa agar masyarakat tetap sehat, aman dan terhindar dari maha bahaya," jelasnya.

"Saya mengucapkan selamat Gawai kepada seluruh masyarakat Desa Belitang 2. Semoga Kegiatan Gawai bisa berjalan aman dan lancar seusai harapan kita bersama," pungkasnya. (nv).

Tinggalkan Komentar

Back Next