Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Belitang Hilir

sosialisasi Pengelolaan Sampah di Desa Sungai Ayak 2 dan Desa Sepantak. (foto:ist). 
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Pemerintah Kecamatan Belitang Hilir mengadakan sosialisasi Pengelolaan Sampah di Desa Sungai Ayak 2 dan Desa Sepantak, bertempat di Kantor Desa Sungai Ayak 2. Jum'at (3/3/2023).

Kepada media ini, Camat Belitang Hilir, Evodius mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan metode pengumpulan sampah di Kota Sungai Ayak.

"Untuk sementara, Sampah tersebut akan dikelola oleh pihak ketiga yakni Paguyuban Jawa Rantau, yang mana telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengumpul dan prasarana berupa 3 buah armada untuk pengangkutan sampah ke areal Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," kata Evodius. 

"Usai kegiatan ini, rencananya Kita bersama perangkat Desa akan melaksanakan sosialisasi kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) terkait metode pengumpulan sampah yang akan dilaksanakan paling lambat pada akhir maret ini. masyarakat diharapkan dapat menyimpan sampahnya pada karung atau plastik dan disimpan di depan rumah pada jam 5 sore, untuk selanjutnya akan di pungut oleh petugas pada jam 06.30 wib, atau setelah selesai  sholat magrip," bebernya. 

Evodius juga mengatakan Hasil kesepakatan bersama, untuk pembayaran retribusi operasional, untuk Rumah Tangga 30.000/ rumh,  Warung Kopi atau warung kecil , 40. 000 dan Rumah makan atau warung besar 50.000 perbulan. 

"Hal ini tentunya akan di evaluasi tiga bulan kedepan bersama masyarakat, sambil kita menyusun regulasi yang baik dan sesuai. Sehingga nantinya Pengelolaan sampah ini akan kita jadikan Bumdes bersama yakni Bumdes Desa Sungai Ayak 2 dan Desa Sepantak," ujarnya.

"Kita harus memulainya dari sekarang, karena klu tidak sekarang kapan lagi dan kalau tidak kita siapa lagi yang akan melaksanakannya, mengingat ketersediaan lahan TPA yang sudah ada," tambahnya. 

Evodius juga menambahkan, Selain melaksanakan sosialisasi, juga dilakukan evaluasi terkait Jum'at bersih yang sudah dilaksanakan selama 7 bulan terakhir ini, dimana Forkopimcam Belitang Hilir bersama masyarakat melakukan kerja bakti 2 kali sebulan, membersihkan lingkungan, jalan umum, jembatan, dan tempat Ibadah dan terkait hal tersebut masyarakat sangat mengapresiasi dengan baik dan mengharapkn kepada Camat untuk tetap melanjutkan program tersebut. 

"Kami selaku Pemerintah Kecamatan  bersama forkopimcam Belitang Hilir dan senantiasa bergandengan tangan untuk membangun masyarakat dengan motto "Bersama kita Bisa" dalam mewujudkan visi misi Bupati yang maju, sejahtera dan Bermartabat," pungkasnya. (nv). 

Tinggalkan Komentar

Back Next