BPRPD Sekadau Gelar Bincang Pajak, Dewan Beri Apresiasi

Sosialisasi bincang pajak hotel dan restoran
Sekadau Kalbar, Borneosiber.con - Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah (BPRPD) Kabupaten Sekadau menggelar sosialisasi  bincang pajak hotel dan restoran, bertempat disalah satu cafe yang ada di Kabupaten Sekadau. Kamis (8/9/2022).

Pada kesempatan tersebut Kepala BPRPD Kabupaten Sekadau, F. Iwan Karantika mengatakan dalam kegiatan sosialisasi pada hari ini akan dijelaskan jenis pajak yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk merubah minset masyarakat, karena membayar pajak itu bukan suatu hal yang menakutkan akan tetapi  membayar pajak ini sama halnya seperti kita menabung di Bank, hanya saja mekanisme menabungnya berbeda. Kita menabung melalui kas Daerah dan diolah menjadi APBD dan dikeluarkan kembali dalam bentuk belanja dibidang Pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya," kata Iwan 

"Kita minta semua harus dilakukan dengan transparan dengan membayar pajak secara online atau non tunai tidak boleh lagi pajak dipungut oleh petugas karena kita telah menyediakan sarana dan prasarana yang telah diatur dalam Permendagri nomor 56 tahun 2021," tambahnya

F. Iwan Karantika juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mau berpartisipasi dalam membayar pajak, karena pajak daerah ini merupakan bagian dari sumber pembiayaan pembangunan di Kabupaten Sekadau. 

"Jika dibandingkan dari tahun lalu pembayaran pajak sudah meningkat lebih dari 1,7 Milyar peningkatannya dan animo masyarakat sangat tinggi dalam membayar pajak, hanya  saja perlu digerakkan kembali dan disiapkan sarana dan prasarananya," jelasnya

"Kedepannya kami akan menyediakan aplikasi wajib pajak online yang bisa digunakan untuk pendaftaran dan pembayaran pajak serta aplikasi tersebut nantinya akan kami launcing bersama masyarakat," tutupnya





Dalam kesempatan yang sama salah satu Narasumber sosialisasi bincang pajak, Ari Kurniawan Wiro memberikan apresiasi kepada BPRPD Kabupaten Sekadau atas kegiatan sosialisasi bincang pajak. 

"Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk bertatap muka langsung dengan para pelaku pajak, agar kedepannya nanti tumbuh rasa kebersamaan untuk membangun Kabupaten Sekadau karena sumber pembangunan berasal dari pajak itu sendiri," kata Ari Kurniawan Wiro yang juga Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari fraksi PDI Perjuangan. 

Ari Kurniawan Wiro juga menyampaikan masukan berkaitan dengan pola pemungutan pajak yang dimana untuk skala Kabupaten, yang wilayahnya cukup luas dan tidak semua daerah punya konektifitas yang baik terhadap jaringan, tentu kedepannya sangat dibutuhkan program jemput bola yang berkaitan dengan pemungutan dan pelayanan pajak. 

"Kami sangat mendukung kegiatan sosialisasi wajib pajak, karena kegiatan ini baik untuk menunjang kemajuan Kabupaten Sekadau dan dalam hal ini juga dibutuhkan peran media untuk mengedukasikan kepada masyarakat untuk membayar pajak serta kami sangat mendukung media-media yang mampu bekerjasama dengan baik bersama Pemerintah Daerah," pungkasnya. (novi). 


Tinggalkan Komentar

Back Next